PENGERTIAN SOFTWARE DAN HARDWARE

 Pengertian Perangkat Lunak (Software) – Perangkat Lunak atau software adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.

Perangkat Lunak (software) merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengolahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.

Supaya lebih jelas dalam memahami pengertian Software, ada baiknya Anda menyimak beberapa pendapat menurut para ahli sebagai berikut:

Wilman & Riyan. mengatakan bahwa Software memiliki sifat maya, yang dapat diartikan bahwa Software tidak dapat terlihat secara fisik, akan tetapi fungsi dari Software dapat dirasakan manfaatnya oleh usernya (R. Wilman & Riyan, Mengenali & Mengatasi Kerusakan Software Handphone.

Melwin Syafrizal Daulay. Software adalah sebuah perangkat yang berfungsi sebagai pengatur aktivitas kerja komputer dan seluruh intruksi yang mengarah pada sistem komputer (Melwin Syafrizal Daulay, 2007, Mengenal Hardware-Software dan Pengelolaan Instalasi Komputer).

Roger S. Pressman. Berpendapat bahwa yang dimaksud dengan perangkat lunak atau software adalah sebuah perintah program dalam sebuah komputer, yang apabila dieksekusi oleh usernya akan memberikan fungsi dan unjuk kerja seperti yang diharapkan oleh usernya (Roger S. Pressman, 2002, Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu) Andi Yogyakarta).

Wiwit Siswoutomo. Berpendapat bahwa yang dimaksud dengan software/ perangkat lunak adalah sebuah nyawa dari komputer atau Hardware. Karena tanpa adanya software maka komputer hanyalah sebuah perangkat keras atau Hardware yang mati dan tidak dapat digunakan (Wiwit Siswoutomo, 2013, Step By Step Joomla! Programming).






Pengertian Perangkat Keras

Perangkat keras atau hardware adalah komponen fisik yang terlihat, dapat disentuh, dan memiliki bentuk yang membedakan data yang beroperasi dan yang ada di dalamnya. Dalam konteks perangkat teknologi modern, perangkat keras sering kali terintegrasi dengan perangkat lunak. Selain itu, perangkat lunak memberikan perintah dan instruksi kepada perangkat keras, dan perangkat keras memproses instruksi tersebut untuk menghasilkan output yang diinginkan.

Perangkat keras komputer dapat dikategorikan menjadi dua jenis utama yaitu, komponen internal dan komponen eksternal. Komponen internal adalah perangkat keras yang terpasang di dalam unit sentral komputer dan terhubung langsung ke motherboard. Di sisi lain, komponen eksternal adalah perangkat keras yang terhubung ke komputer melalui port atau koneksi eksternal.